RSS

Analisis Regresi

12 Nov

Analisa regresi adalah analisa yang digunakan untuk mencari bagaimana variabel-variabel bebas dan variabel terikat berhubungan pada hubungan fungsional atau sebab akibat. Akibat adanya regresi, menunjukkan adanya kecenderungan kearah rata-rata dan hasil yang sama bagi pengukuran berikutnya untuk meramalkan sesuatu variabel dan variabel kedua yang sudah diketahui.

Dalam mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y maka dapat digambarkan variabel x pada absis dan variabel y pada ordinat; sehingga diperoleh diagram pencar (scatter diagram) dari nilai x dan y. Bila ditarik suatu garis lurus yang berjarak jumlah kuadrat jarak vertikal dari setiap titik, maka garis lurus ini disebut garis regresi. Hubungan antara variabel x dan y dapat dibuat dalam sebuah pesamaan , menunjukkan hubungan linear dengan x. Berdasarkan persamaan tersebut jika diketahui nilai x dan y, maka estimasi a dan b dengan mudah dapat ditentuka. Nilai a menunjukkan pemotongan y terhadap koefisien regresi. Manfaat dari garis regresi adalah untuk memperkirakan nilai variabel terikat dari variabel bebas jika variabel bebas sudah diketahui.

Korelasi dan Regresi Ganda

Analisis korelasi dan regensi berganda ini adalah analisis tentang hubungan antara satu variabel terikat dengan dua atau lebih variabel bebas. Jika ada lebih dari satu variabel bebas untuk mengestimasi nilai y, persamaan tingkat pertama disebut permukaan regresi, misalnya  y=a+bx+cz.  Y adalah kombinasi linier dan x diganti dengan b1, b2 dan b3 sedangkan x dan z diganti dengan x1 dan x2.

Dalam analisis regresi, baik regresi sederhana (dengan satu variabel bebas) maupun regresi berganti (dengan lebih dari 1 variabel bebas). Ada 3 hukum dasar yang harus dicari:

1.  Garis regresi yaitu garis yang menyatakan hubungan antara variabel-variabel itu.

2.  Standar Error of Estimate (Sy, X1, X2) yaitu harga yang mengukurpemancaran tiap-tiap titik (data) terhadap garis regresi, atau merupakan penyimpangan standar dari harga dependent (y) terhadap garis regresinya.

3.  Koefisien Korelasi (r) yaitu angka yang menyatakan eratnya hubungan antara variabel-variabel itu.

Sumber : http://www.4skripsi.com/teknik-analisis-data/analisis-regresi.html#ixzz2C1Cw72oW

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 November 2012 in Materi Kuliah

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: