RSS

Tips: Membersihkan Keyboard Komputer Tanpa Repot

26 Jun

Menjaga kebersihan PC adalah suatu hal yang cukup penting dan mungkin merupakan salah satu hal rutin yang bisa dilakukan setiap bulan. Bukan hanya isi PC saja yang perlu dibersihkan, tetapi periferal seperti mouse dan keyboard juga harus diperhatikan. Apalagi kedua piranti tersebut merupakan peralatan yang tidak pernah lepas dari tangan ketika Anda menggunakan komputer.

Membersihkan mouse lebih mudah karena Anda tinggal mengelap permukaannya dan menghilangkan berbagai kotoran yang ada di bagian bawah, serta bagian dalam jika Anda masih menggunakan mouse konvensional dengan bola. Tapi bagaimana dengan keyboard yang memiliki lebih banyak celah? Sebagian orang mungkin membersihkannya hanya dengan mengelap permukaannya dan mengabaikan kotoran-kotoran yang menempel di bagian lain yang tak terjangkau. Kali ini saya ingin berbagi tips membersihkan keyboard dengan detil yang bisa Anda praktekkan sendiri dengan mudah. Peralatan yang diperlukan cukup hanya sikat kecil, lap, dan cairan pembersih jika ada.

Apabila Anda belum tahu seberapa kotor keyboard Anda, coba lepas piranti tersebut dari komputer, balikkan, lalu pukul-pukul ringan bagian sisinya. Dengan begitu, Anda bisa melihat kotoran yang keluar dari bagian dalam keyboard. Jika kotoran yang keluar dirasa cukup banyak, inilah saatnya untuk membersihkan keyboard hingga ke bagian dalam.

Pertama, lepas semua tuts yang ada. Langkah ini tak sesulit atau sekasar yang dikira karena mencopot tuts sangatlah mudah jika Anda sudah mengetahui caranya. Pada keyboard yang saya ‘operasi’, Anda tinggal menahan bagian bawah tuts dengan ibu jari dan tarik bagian atas dengan jari telunjuk. Masing-masing keyboard memiliki kunci yang berbeda-beda, namun intinya, Anda hanya perlu menariknya.

Tak perlu khawatir tuts akan rusak karena tuts keyboard memang didesain untuk bisa dilepas. Jika terasa keras untuk ditarik, itu berarti keyboard Anda masih ‘perawan’ alias belum pernah dibuka sekalipun. Jadi jangan ragu untuk melepasnya sekeras apapun itu. Khusus untuk tombol + dan Enter pada numeral keys, Anda harus melakukannya dengan menarik bagian kanan karena posisi kunci pengait berbeda dengan tuts-tus kecil.

Tombol spasi agak sulit untuk dilepas dan juga dipasang jadi saya merekomendasikan Anda untuk membiarkannya tetap terpasang. Tanpa perlu melepas tuts spasi pun, semua bagian keyboard sudah terbuka dan bisa dibersihkan.

Mulailah untuk membersihkan papan keyboard dengan sikat. Akan lebih baik jika Anda memegang dan menyikat papan tersebut dalam keadaan terbalik sehingga kotoran tidak masuk ke bagian dalam melalui lubang tuts. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang dan juga kabelnya.

Setelah selesai dengan bagian papan, bersihkan tuts satu per satu dengan lap dan cairan pembersih. Perhatikan sisi-sisi tuts karena bagian ini adalah bagian yang paling jarang tersentuh namun debu yang menempel bisa jadi cukup tebal.

Setelah semua selesai dibersihkan, pasang kembali tuts sesuai dengan lokasinya. Proses pemasangan tuts ini tidak memerlukan cara khusus. Tinggal tekan tuts ke tempatnya hingga terkunci kembali dan keyboard Anda pun kembali bersih seperti baru.

Mudah bukan? Lakukan pembersihan seperti ini secara rutin setiap bulan untuk menghindari tuts yang macet dan tampilan keyboard yang kumal. Perlu diingat, tips ini tidak berlaku untuk keyboard notebook.

 
 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: