RSS

Tips Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer

07 Jan

Kali ini Distro IT ingin berbagi Trik Seputar Flasdisk yaitu tentang Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer. Pernahkah anda mengalami ketika sedang ingin mengambil data yang penting di komputer kantor atau warnet melalui Flasdisk dan saat membuka Explorer Flasdisk anda tersebut tidak terdeteksi?

Tanda bahwa Flasdisk anda tidak terdeteksi biasanya biasanya ditandai dengan tidak munculnya ikon “removable hardware” pada system tray (taskbar pojok kanan bawah). Selain itu ada juga jenis flashdisk yang muncul tanda ikon flasdisknya namun saat di klik muncul tulisan format dan berbagai pesan kerusakan flashdisk lainnya.

Tanda lain adalah tidak adanya tanda drive Universal Serial Bus di singkat USB flash disk di Windows Explorer. Masalah ini cukup sering dijumpai pada komputer yang penggunaan sumber daya sistemnya (apalagi RAM) cukup tinggi sehingga pendeteksian keberadaan perangkat baru menjadi terganggu. Oleh karena itu cara untuk memperbaiki Flasdisk tersebut adalah dengan cara :

1. Sebelum memastikan bahwa usb flasdisk rusak, cobalah di komputer lain terlebih dahulu. Ada kalanya yang rusak bukanlah usb flashdisk, namun usb drive di komputer.

2. Konflik system hardware. Ada kalanya kerusakan karena konflik pada system komputer sehingga komputer tidak dapat mendeteksi keberadaan flashdisk. Ini ditandai dengan flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer. Cara memperbaikinya adalah dengan colokkan usb flasdisk ke komputer dan restartlah komputer. Jika setelah restart komputer, usb flashdisk masih tetap tidak terbaca.

Pergi ke Control Panel dan uninstall usb drive. My Computer -> Control Panel -> System Setelah System terbuka, pada tab hardware, klik device manager dan cari tulisan Universal Serial Bus Controller. Cari hardware yang bertanda kuning. Jika ada klik hardware tersebut dan klik uninstall lalu restart kembali komputer/laptop.

3. Jika cara di atas telah di lakukan, namun flasdisk tersebut masih belum juga bisa di baca. Maka besar kemungkinan adalah kerusakan hardware. (Akibat sering di cabut lansung tanpa konfirmasi melalui PC)

4. Jenis kerusakan lain pada USB adalah setiap kali di klik, maka timbul tulisan format flashdisk. Jika ini yang timbul, maka caranya adalah klik format untuk memformat flashdisk tersebut.

5. Apabila semua cara di atas masih tetap tidak bisa Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer, maka hal terbaik yang harus anda lakukan adalah ganti dengan yang baru, alias beli baru,,hehe..Semoga bermanfaat.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2012 in Aksesoris, Komputer

 

Tag: ,

One response to “Tips Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer

  1. villa natural

    11 Januari 2012 at 02:10

    siiiiip gan…….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: