RSS

Internet Tanpa Batas Dengan UltraSurf

28 Des

Barangkali kamu pernah yang namanya surfing di dunia maya dengan menggunakan koneksi internet dari suatu sekolah, universitas, atau kantor. Lalu kamu tidak bisa mengakses halaman dari suatu situs tertentu, dan muncul peringatan dari admin jaringan bahwa kamu tidak bisa masuk ke halaman yang telah diblok tersebut.

Hal tersebut tujuannya agar pengguna internet tidak bisa masuk ke situs-situs yang dinilai terlalu mengasyikkan, jadi penggunanya nanti malah asyik berinternet dan melupakan kewajibannya sebagai seorang pekerja kantor, atau pelajar. Atau bisa juga, blocking dilakukan untuk membatasi akses yang dianggap negatif oleh admin jaringan. Semisal situs-situs porno.

Tapi yang kadang bikin jengkel adalah admin tersebut terlalu banyak membatasi (blok) situs-situs yang sebenarnya tidak berbahaya, dan kita sangat membutuhkannya. Semisal, saya pernah ingin membuka situs jejaring sosial Facebook, tapi yang muncul malah pernyataan seperti ini :

forbidden

Nah, sedikit solusi nih. Ada suatu software untuk menyembunyikan IP kompie kita, sekaligus menembus hadangan dari pihak admin. Namanya adalah UltraSurf. Ultrasurf merupakan software free dan sifatnya portable, yang fungsinya untuk menghindari blocking, atau meloncati [bypass] proksi jaringan lokal internet yang kamu gunakan. Software ini cara kerjanya dengan sistem tunelling, atau memanfaatkan celah dari jaringan lokal yang sedang digunakan agar terhindar dari blocking jaringan tersebut.

Mari kita simak tutorial penggunaannya :

1. Pertama, download dulu softwarenya. ukurannya hanya sekitar 1 MB. Silakan download di sini

2. Selanjutnya, kita harus terhubung dengan internet/jaringan lokal yang kita minta’in koneksinya tsb.

3. Jalankan program Ultrasurfnya.

ultrasurf

Jika pada program ultrasurf tadi telah tertulis Connection succesfully dan akan muncul browser situshostnya ultrasurf tadi, berarti kamu telah berhasil melakukan tunelling atau bypass proksi, dan kamu bisa berinternet dengan bebas tanpa adanya blocking dari pihak admin jaringan lokal anda. Tapi tunggu dulu, sebelum surfing internet tanpa adanya bloking, ada baiknya kita chek dulu di bagian setting apakah sudah berubah. Di bagian internet Connection akan mengalami perubahan seperti (GBR)

Tapi satu hal yang perlu dicatat, tak selamanya proses tunelling menggunakan UltraSurf ini berhasil dengan mulus, penyebabnya bisa karena server jaringan kamu maupun jaringan ultrasurf sedang mengalami masalah (perbaikan), atau jaringannya sedang lambat, maklum layanan ini diberikan secara gratis, jadi penggunanya sangatlah banyak diseluruh dunia.

Jika terjadi kegagalan maka close dulu programnya, dan cek setting internetnya mesti berada pada kondisi awal dulu. Selanjutnya jalankan kembali softwarenya. Jika masih gagal juga, mungkin ada penyebab lainnya. Diantaranya  yaitu karena adanya blocking dari antivirus kamu. Kadang-kadang antivirus menganggap program ini layaknya virus atau backdoor.

Solusinya, disable dulu antivirus yang ada, kemudian UltraSurfnya dijalankan. Dan setelah berhasil, kembali dihidupkan (enable) antivirusnya. Tapi terkadang dengan langkah tsb, AV masih mengenalinya sebagai virus. Maka langkah selanjutnya adalah meng-enable program tsb agar bisa berjalan bersandingan dengan AV yang ada di kompie kamu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 Desember 2011 inci Internet, Software

 

Tag: , ,

Tinggalkan komentar