RSS

Pengertian Perancangan Konseptual

26 Mei

LOGO UBD1Perancangan konseptual adalah proses membangun model informasi yang digunakan oleh perusahaan, dan terlepas dari segala pertimbangan fisik seperti program aplikasi, bahasa pemrograman yang digunakan, platform perangkat keras, dll.

Tahap-tahap perancangan konseptual :

Membangun model data konseptual lokal untuk setiap view

Bertujuan untuk membangun model data konseptual lokal dari perusahaan  untuk  setiap  view  tertentu.  Selama  analisa,  sejumlah view pemakai mungkin telah diidentifikasi dan tergantung dari jumlah bagian yang saling overlap di antara view tersebut, beberapa view pemakai mungkin harus digabungkan untuk membentuk collective  view.  Tugas-tugas  yang  termasuk  dalam  langkah  ini adalah :

• Mengidentifikasi entity type

Tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi entity type utama dari view. Salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi entity adalah dengan memeriksa spesifikasi kebutuhan pemakai. Dari spesifikasi ini, perancang mengidentifikasi kata benda atau frase benda seperti nomor staff, nama staff. Metode alternatif untuk mengidentifikasi entity adalah dengan mencari obyek yang keberadaannya tidak bergantung pada obyek lain. Sebagai contoh staff adalah entity meskipun nama, tanggal lahir, dan posisi mereka tidak diketahui.

• Mengidentifikasi relationship type

Tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi relationship penting yang terdapat di antara entity type yang telah diidentifikasi. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menggunakan spesifikasi kebutuhan pemakai di mana biasanya relationship diindikasikan dengan kata benda atau ekspresi verbal.

• Mengidentifikasi dan menghubungkan atribut dengan entity atau relationship type

Tahap ini bertujuan untuk menghubungkan atribut dengan entity atau relationship type yang sesuai.

• Menentukan domain atribut

Tahap ini bertujuan untuk menentukan domain untuk setiap atribut pada model data konseptual lokal. Domain atribut adalah himpunan dari nilai yang diizinkan untuk satu atau lebih atribut.

• Menentukan atribut candidate dan primary key

Tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi candidate key untuk setiap entity type dan jika terdapat lebih dari satu candidate key maka dipilih satu untuk menjadi primary key.

• Mempertimbangkan penggunaan enhanced modeling concept Tahap ini bertujuan untuk mempertimbangkan penggunaan enhanced modeling concept seperti specialization/generalization, aggregation, dan composition.

• Mengecek model dari redundancy

Tahap ini bertujuan untuk mengecek redundancy yang mungkin terdapat pada model untuk kemudian dihilangkan dari model tersebut.

• Memvalidasi model konseptual lokal terhadap transaksi pemakai Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa model konseptual lokal mendukung transaksi yang dibutuhkan oleh view.

• Meninjau ulang model konseptual lokal bersama dengan pemakai Untuk meninjau model data konseptual lokal bersama dengan pemakai untuk memastikan bahwa model tersebut sungguh- sungguh merupakan representasi dari view.

About these ads
 
 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: